Abstract:
Keberlanjutan suatu usaha bisnis akan selalu berhadapan dengan beberapa
tantangan antara lain mengolah jasa yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
konsumen, mencapai target penjualan, memperoleh laba yang diinginkan, dan
banyak kesulitan dan tantangan untuk bertahan hidup dan berkembang di era global
ini. Hal ini sama dengan bengkel mobil Perfect Auto Service walaupun berdiri
sudah cukup lama, dengan bertambahnya kompetitor kompetitor baru, dan yang
sudah ada, menambah kompetisi sekaligus tuntutan layanan jasa yang maksimal
dari konsumen semakin ketat. Untuk mampu bertahan dalam jangka yang panjang
tentunya bengkel mobil Perfect Auto Service wajib memiliki strategi bersaing agar
mampu bersaing dengan kompetitor - kompetitor yang sudah berdiri lama, baru
maupun mempersiapkan keberlangsungan usaha di masa depan. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menemukan, mempelajari, dan menganalisis strategi
bersaing yang telah digunakan untuk kemudian dievaluasi, termasuk faktor internal
dan eksternal, dan memberikan perbaikan atau saran untuk strategi yang paling
sesuai untuk digunakan oleh bengkel mobil Perfect Auto Service .
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa
strategi yang diterapkan oleh bengkel mobil Perfect Auto Service adalah fokus
strategis. Hal ini terlihat dari bengkel mobil Perfect Auto Service yang hanya fokus
pada pelayanan yang diberikan saja dan tidak melibatkan strategi promosi dalam
mengembangkan atau memperluas sasaran konsumen atau pasar. Jadi berdasarkan
hasil wawancara dan observasi, bengkel Perfect Auto Service harus memanfaatkan
peluang yang ada saat ini, untuk bisa berkembang lebih baik lagi seperti dengan
melakukan promosi di media sosial, memperluas lahan untuk menampung lebih
banyak pelanggan mobil, dan membuat aplikasi seluler khusus. sehingga pelanggan
dapat melacak perkembangan mobilnya.