Abstract:
Perkembangan media sosial di Indonesia dimanfaatkan banyak pemilik bisnis untuk
memasarkan produk, salah satu caranya adalah lewat media sosial Youtube karena pengguna
Youtube di Indonesia merupakan keempat terbanyak di dunia. Salah satu strategi pemanfaatan
sosial media Youtube yang dilakukan adalah dengan online consumer review. Pada penelitian ini,
peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh online consumer review Youtube channel
AutonetMagz terhadap minat beli mobil Low Cost Green Car.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah online consumer review pada
Youtube channel AutonetMagz dapat mempengaruhi minat beli mobil LCGC. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif, untuk mendukung penelitian ini peneliti melakukan
penyebaran kuesioner menggunakan google form. Dari hasil tersebut, peneliti mengolah data
menggunakan SPSS untuk menguji adanya hubungan serta pengaruh antar variabel. Populasi yang
digunakan pada penelitian ini merupakan subscribers Youtube channel AutonetMagz. Penelitian
ini menggunakan teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling yang berupa
purposive sampling.
Dari hasil uji linearitas, bahwa nilai Sig. pada Deviation from linearity sebesar 0,063 atau
> 0.05. Artinya terdapat hubungan yang linear antara variabel online consumer review dengan
variabel minat beli. Dengan kata lain jika AutonetMagz menciptakan konten video online
consumer review yang semakin baik, maka minat beli terhadap mobil LCGC akan semakin
meningkat.