Abstract:
Dalam beberapa tahun terakhir, pertumbuhan teknologi telah mencapai tingkat
yang signifikan dan perkembangan industri video game di Indonesia diprediksi akan
terus berlanjut. Salah satu platform distribusi video game terbesar adalah Steam.
Steam memiliki strategi promosi yaitu promosi musiman yang cukup diketahui
penggunanya. Pada penelitian ini, peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh
promosi musiman terhadap pembelian impulsif pada platform Steam di Kota Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi musiman dapat
mempengaruhi pembelian impulsif konsumen pada platform Steam di Kota Jakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan penyebaran kuesioner
menggunakan google form. Kuesioner disebarkan kepada 100 responden dan populasi
yang digunakan merupakan pengguna platform Steam di Kota Jakarta yang pernah
membeli produk pada saat promosi musiman. Peneliti mengolah data menggunakan
SPSS. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling yang
berupa purposive sampling.
Penelitian ini juga menemukan bahwa hipotesis diterima, yaitu promosi
musiman memiliki pengaruh terhadap pembelian impulsif pada platform Steam di
Kota Jakarta, walaupun lemah. Hal ini dapat disebabkan oleh banyaknya responden
yang masih menjadi pelajar atau mahasiswa sehingga belum memiliki penghasilan.