Abstract:
Bauran pemasaran adalah hal dasar yang dilakukan dalam pemasaran,
dengan menggunakan tujuh elemen bauran pemasaran yaitu produk, harga, tempat,
promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Bauran pemasaran dapat digunakan untuk
segala bidang bisnis dan dalam penelitian ini digunakan pada perusahaan PT. Agro
Investama yang bergerak pada bidang peternakan dan penjualan daging. Penelitian
ini dilakukan dengan tujuan melihat bagaimana langkah yang harus dilakukan
perusahaan di masa yang akan datang untuk meningkatkan kualitas pemasaran
perusahaan, khususnya untuk mengetahui bagaimana pengaruh bauran pemasaran
terhadap keputusan pembelian.
Penelitian bauran pemasaran dengan tujuh elemen didalamnya digunakan
untuk membantu PT. Agro Investama mencari solusi untuk masalah yang sedang
dihadapi yaitu kesulitan untuk bersaing pada bidang bisnis retail mereka yaitu Agro
Meat Shop. Selain, Itu tujuh elemen bauran pemasaran tersebut dapat digunakan
untuk strategi pemasaran PT. Agro Investama di masa yang akan datang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data yang berisi 120
responden yang berdomisili di Kota Bandung dan disebarkan melalui google form,
selain itu penulis juga melakukan wawancara langsung bersama Bapak Asep Barli
selaku direktur operasional PT. Agro Investama.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Bauran pemasaran berpengaruh
terhadap keputusan pembelian di PT Agro Investasi terutama dalam elemen bauran
pemasaran proses dan tempat.