Abstract:
Jajanan di Ambu merupakan UMKM yang bergerak pada bidang kuliner
khususnya makanan ringan dan kini diperhadapkan dengan persaingan yang cukup
ketat terutama pada penjualan online. Pada penelitian ini dilakukan pengkajian atas
kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman berdasarkan analisis lingkungan
internal dan eksternal perusahaan yang bertujuan untuk dapat menentukan strategi
pengembangan bisnis yang tepat bagi Jajanan di Ambu di masa yang akan datang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa
wawancara dengan owner Jajanan di Ambu. Teknik analisis yang digunakan pada
penelitian ini yaitu fungsi bisnis untuk analisis lingkungan internal, STEEPLE dan
Porter’s Five Forces untuk analisis lingkungan eksternal, serta matriks IE untuk
analisis lingkungan internal dan eksternal.
Hasil perhitungan IFE senilai 2,73 dan EFE senilai 3,56. Dimana pada
matriks IE posisi tersebut menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran II
yang disebut sebagai posisi tumbuh dan berkembang. Dengan demikian, penulis
memberikan rekomendasi strategi intensif untuk Jajanan di Ambu berupa strategi
pengembangan pasar dan pengembangan produk. Strategi tersebut dapat diterapkan
oleh Jajanan di Ambu dengan menindaklanjuti proses perizinan PIRT yang telah
dilakukan sebelumnya agar mengetahui perkembangan dan segera memperoleh izin
edar, mengatasi keterbatasan tenaga produksi dan meningkatkan efisiensi
operasional melalui pengorganisasian yang lebih baik, menyesuaikan strategi
pemasaran dan produk berdasarkan tren pasar, memanfaatkan teknologi digital
secara maksimal sebagai media pemasaran, membangun kerjasama atau
berkolaborasi dengan UMKM lain guna memperluas pasar, menambah variasi
produk dan varian rasa yang lebih beragam, serta mengembangkan nilai produk
berupa keunikan atau keistimewaan tertentu.