Pengaruh persepsi konsumen atas Promotion dan Trustworthness terhadap niat beli melalui platform Bukalapak

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Jonathan, Erick
dc.date.accessioned 2024-11-12T09:21:47Z
dc.date.available 2024-11-12T09:21:47Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46702
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19447
dc.description 46388 - FE en_US
dc.description.abstract Pendahuluan - perkembangan marketplace di Indonesia yang pesat selama beberapa tahun terakhir telah menjadi sorotan utama dalam ranah bisnis dan teknologi. Hal tersebut telah meningkatkan persaingan antar perusahaan marketplace, termasuk Bukalapak yang sedang menghadapi penurunan jumlah kunjungan dan nilai transaksi bruto. Niat beli konsumen yang rendah terhadap Bukalapak timbul lantaran persepsi konsumen yang buruk karena kurang menariknya promosi dan rendahnya tingkat kepercayaan terhadap Bukalapak. Tujuan - tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh promosi (promotion) dan tingkat kepercayaan (trustworthiness) terhadap niat beli konsumen melalui platform Bukalapak. Metode Penelitian – penelitian ini merupakan penelitian applied research dengan metode explanatory research dan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh masyarakat yang berbelanja melalui marketplace selama 3 bulan terakhir dan sudah pernah mencoba menggunakan Bukalapak namun belum pernah berbelanja sama sekali. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilty sampling melalui judgement sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang disebarkan kepada 200 orang responden di Kota Bandung dengan rentang usia 18-30 tahun, berbelanja secara online melalui marketplace selama 3 bulan terakhir, dan pernah menggunakan Bukalapak namun belum pernah berbelanja sama sekali. Metode penelitian Partial Least Square-Strutural Equation Modelling (PLS-SEM) digunakan untuk mengetahui bagaimana variabel promotion dan trustworthiness mempengaruhi niat beli konsumen melalui Bukalapak serta bagaimana pengaruh variabel social influence dan seller reputation terhadap trustworthiness untuk berbelanja melalui Bukalapak. Temuan - hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa promotion dan trustworthiness secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Selain itu, trustworthiness dapat dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh social influence dan seller reputation. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject BUKALAPAK en_US
dc.subject PROMOTION en_US
dc.subject TRUSTWORTHINESS en_US
dc.subject SOCIAL INFLUENCE en_US
dc.subject SELLER REPUTATION en_US
dc.subject NIAT BELI en_US
dc.subject PARTIAL LEAST SQUARE-STRUTURAL EQUATION MODELLING en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas Promotion dan Trustworthness terhadap niat beli melalui platform Bukalapak en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6032001039
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account