Abstract:
Pendahuluan - perkembangan marketplace di Indonesia yang pesat selama beberapa tahun
terakhir telah menjadi sorotan utama dalam ranah bisnis dan teknologi. Hal tersebut telah
meningkatkan persaingan antar perusahaan marketplace, termasuk Bukalapak yang sedang
menghadapi penurunan jumlah kunjungan dan nilai transaksi bruto. Niat beli konsumen yang
rendah terhadap Bukalapak timbul lantaran persepsi konsumen yang buruk karena kurang
menariknya promosi dan rendahnya tingkat kepercayaan terhadap Bukalapak.
Tujuan - tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh promosi (promotion) dan
tingkat kepercayaan (trustworthiness) terhadap niat beli konsumen melalui platform
Bukalapak.
Metode Penelitian – penelitian ini merupakan penelitian applied research dengan metode
explanatory research dan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh
masyarakat yang berbelanja melalui marketplace selama 3 bulan terakhir dan sudah pernah
mencoba menggunakan Bukalapak namun belum pernah berbelanja sama sekali. Metode
pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilty sampling melalui judgement
sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner yang
disebarkan kepada 200 orang responden di Kota Bandung dengan rentang usia 18-30 tahun,
berbelanja secara online melalui marketplace selama 3 bulan terakhir, dan pernah
menggunakan Bukalapak namun belum pernah berbelanja sama sekali. Metode penelitian
Partial Least Square-Strutural Equation Modelling (PLS-SEM) digunakan untuk mengetahui
bagaimana variabel promotion dan trustworthiness mempengaruhi niat beli konsumen melalui
Bukalapak serta bagaimana pengaruh variabel social influence dan seller reputation terhadap
trustworthiness untuk berbelanja melalui Bukalapak.
Temuan - hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa promotion dan trustworthiness
secara positif dan signifikan berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Selain itu,
trustworthiness dapat dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh social influence dan seller
reputation.