Penilaian terhadap implementasi konsep sekolah ramah anak pada bangunan pendidikan usia Sekolah Dasar Rumah Belajar Semi Palar Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Indrarani, Indri Astrina Fitria
dc.contributor.author Aldini, Valezka Raf
dc.date.accessioned 2024-11-12T05:27:03Z
dc.date.available 2024-11-12T05:27:03Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46320
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/19426
dc.description 7187 - FTA en_US
dc.description.abstract Pendidikan anak merupakan aspek penting untuk pembangunan bangsa yang mendukung pertumbuhan fisik, mental, emosional, dan sosial. Dalam mendukung proses belajar yang optimal, diperlukan wadah yang aman, nyaman, dengan sarana dan prasarana yang menunjang. Konsep Sekolah Ramah Anak (SRA) yang mulai dipromosikan oleh Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan holistik anak, menjadikan sekolah sebagai lingkungan yang aman, bersih, sehat, dan peduli, yang menjamin hak-hak anak dan melindungi mereka dari kekerasan serta diskriminasi. Untuk menciptakan lingkungan sekolah yang dapat mendukung perkembangan optimal mereka, dibutuhkan standar atau panduan Sekolah Ramah Anak (SRA) yang sesuai. Penelitian ini mengevaluasi implementasi konsep SRA pada bangunan pendidikan Sekolah Dasar Rumah Belajar Semi Palar dengan metode penelitian analisis evaluatif yang melibatkan observasi langsung terhadap infrastruktur dan fasilitas pendidikan. Selain itu, metode triangulasi dan validasi juga digunakan sebagai informasi tambahan dari sudut pandang pengelola, arsitek, serta pengguna Rumah Belajar Semi Palar. Perancangan matriks dan parameter mengintegrasi dari jurnal ‘Architecture for the Imagination’ dan buku ‘Architecture for Children’, serta Pedoman Sekolah Ramah Anak, Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar, Standar Ruang Bermain Ramah Anak, dan buku Sustainable School Architecture, juga pengambilan data objek menggunakan analisis gambar kerja, gambar 3D, serta foto lokasi. Data diharapkan dapat digunakan untuk mengevaluasi Arsitektur Pendidikan Anak Sekolah Dasar Rumah Belajar Semi Palar. Dari penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa perancang sekaligus pengelola memperhatikan aspek ruang serta keberlanjutan, dengan terciptanya ruang-ruang yang nyaman, memiliki bukaan serta ventilasi yang baik untuk mengurangi pemakaian energi. Terdapat banyak ruang terbuka sebagai ruang bermain anak, serta beberapa titik sumur resapan sebagai cadangan kebutuhan air. Bangunan sekolah ini mendapatkan nilai akhir 89.2% dari poin maksimal. Dengan urutan penilaian pada penilaian skala, bagian Keselamatan (85.7%), bagian Keamanan (96.4%), bagian Kesehatan (96.1%), bagian Kenyamanan (86.4%), bagian Kemudahan (87.5%), bagian Keberlanjutan (88.6%). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa walaupun sang arsitek merancang bangunan ini tidak menggunakan pedoman, hasilnya tetap dapat menunjang para pengguna. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject EVALUASI en_US
dc.subject SEKOLAH RAMAH ANAK en_US
dc.subject PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR en_US
dc.subject INDIKATOR RUMAH BELAJAR SEMI PALAR en_US
dc.title Penilaian terhadap implementasi konsep sekolah ramah anak pada bangunan pendidikan usia Sekolah Dasar Rumah Belajar Semi Palar Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6112001013
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0410047905
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account