Abstract:
Mixue Antapani merupakan salah satu cabang Mixue di Kota Bandung yang berdiri sejak tahun 2020. Dalam 2 tahun terakhir, pendapatan dari Mixue Antapani terus menurun. Penulis melakukan observasi dan preliminary research berupa wawancara kepada 30 orang responden mengenai loyalitas terhadap Mixue Antapani. Hasilnya adalah kebanyakan responden mengatakan adanya permasalahan pada kualitas pelayanan dan kualitas es krim Mixue Antapani. Oleh karena itu, penulis melihat bahwa adanya gejala yang perlu diteliti lebih lanjut. Sehingga, dalam penelitian ini penulis akan meneliti mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas es krim terhadap loyalitas konsumen Mixue Antapani. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas es krim terhadap loyalitas konsumen Mixue Antapani. Penelitian ini merupakan applied research, explanatory research, dan menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden dengan kriteria pernah mengunjungi Mixue Antapani dalam jangka waktu 2 bulan terakhir. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner yang kemudian akan diolah secara statistik. Hasil dari uji regresi linear berganda yang dilakukan dengan IBM SPSS 27 adalah kedua kualitas pelayanan dan kualitas es krim berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Koefisien determinasi dari penelitian ini adalah terdapat kontribusi kualitas pelayanan dan kualitas es krim sebesar 73,1%. Persamaan regresi linear berganda mendapatkan bahwa nilai loyalitas konsumen dapat dijelaskan oleh kualitas pelayanan sebesar 0,241 dan kualitas es krim sebesar 0,404.