Abstract:
Saat ini di Indonesia sedang mengalami perkembangan pesat dalam teknologi internet. Salah satu hasil yang muncul dari perkembangan teknologi internet ini adalah berdirinya perusahaan– perusahaan jasa transportasi online, salah satu perusahaannya adalah Indriver. Indriver merupakan perusahaan yang menyediakan jasa transportasi secara online. Dimana pengguna hanya perlu menggunakan aplikasi khusus yang dirancang oleh perusahaan untuk memesan jasanya. Dikalangan pengguna, Indriver dikenal sebagai penyedia jasa transportasi online yang memberikan tarif harga yang lebih murah dibandingkan perusahaan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari e-service quality (X1) dan brand trust (X2) terhadap brand preference (Y) pada layanan transportasi online Indriver. Penelitian ini merupakan penelitian applied research dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi literatur. Sampel yang terkumpul dalam penelitian ini sebanyak 240 responden. Data tersebut diolah dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26 for windows. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui analisis deskriptif dari variabel e-service quality termasuk kategori kurang baik, variabel brand trust termasuk kategori buruk, dan variabel brand preference termasuk kategori rendah. Untuk hasil uji regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel e-service quality dan brand trust memberikan pengaruh signifikan terhadap brand preference (Y) pada layanan transportasi online Indriver. Maka dari itu, variabel e-service quality dan brand trust berpengaruh sebesar 61.7% pada brand preference. Sedangkan sisa 38.3% dipengaruhi oleh faktor lainnya.