Abstract:
Saat ini di Indonesia investasi mengalami perkembangan pesat dalam pertumbuhan ekonomi yang menimbulkan niat masyarakat untuk merencanakan keuangan masa depan. Tabungan Emas Pegadaian yang disediakan oleh PT. Pegadaian merupakan salah satu jenis investasi yang dapat digunakan dalam jangka waktu panjang yang minim risiko. Dimana layanan ini memudahkan masyarakat dalam mempersiapkan modal masa depan dengan aman dan terpercaya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh personal selling dan sales promotion terhadap niat beli konsumen produk Tabungan Emas Pegadaian di Cabang Metro Bandung. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan 100 responden yang menggunakan layanan di Pegadaian Cabang Metro dan mengetahui produk Tabungan Emas Pegadaian. Penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda dan telah melewati berbagai Uji Statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa personal selling dan sales promotion berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Personal Selling dan Sales Promotion berpengaruh sebesar 73,8% terhadap niat beli konsumen pada produk Tabungan Emas Pegadaian cabang Metro Bandung. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, PT. Pegadaian di cabang Metro disarankan untuk melakukan pendekatan langsung dan membangun kepecayaan kepada masyarakat untuk lebih mengenal produk Tabungan Emas Pegadaian.