Abstract:
Restoran Baso Malang Karapitan adalah restoran yang menjual berbagai macam makanan
tradisional Indonesia dengan bakso sebagai menu utamanya. Berdiri sejak tahun 1997, restoran
ini memiliki banyak cabang di beberapa kota, termasuk Bandung. Gerai Restoran Baso Malang
Karapitan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah gerai yang terletak di Cihampelas Walk
Bandung. Meskipun restoran berlokasi di dalam mall, seringkali restoran terlihat sepi saat
konsumen berlalu-lalang melewati restoran. Berdasarkan hasil preliminary research berupa
wawancara kepada 27 narasumber yang merupakan konsumen yang pernah membeli di Restoran
Baso Malang Karapitan Cihampelas Walk Bandung, didapatkan bahwa konsumen cenderung
mengeluh mengenai kualitas pelayanan dan kualitas makanan yang diberikan Restoran Baso
Malang Karapitan.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas makanan
terhadap niat beli ulang di Restoran Baso Malang Karapitan. Teknik pengambilan sampel adalah
judgement sampling dengan kriteria bahwa responden pernah mengunjungi Restoran Baso
Malang Karapitan di Cihampelas Walk Bandung. Sebanyak 114 responden didapatkan untuk
hasil penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif dan data akan
dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas makanan
berpengaruh positif terhadap niat beli ulang dengan nilai kontribusi sebesar 71,4%. Berdasarkan
hasil analisis deskriptif, konsumen masih memiliki persepsi buruk pada responsiveness dan
empathy untuk variabel kualitas pelayanan dan persepsi buruk pada porsi untuk variabel kualitas
makanan. Saran yang dapat diajukan untuk Restoran Baso Malang Karapitan supaya restoran
dapat meningkatkan jumlah konsumen yang berkunjung adalah dengan memberikan training
kepada karyawan dan memasak makanan menggunakan buku resep yang sesuai dengan SOP
restoran. Untuk peningkatan niat beli ulang, restoran dapat memberikan voucher diskon yang
dapat dipakai di transaksi selanjutnya, memberikan diskon untuk konsumen yang memberikan
online review, dan memasang X banner dengan menampilkan menu paket hemat atau menu
tertentu dengan harga spesial agar konsumen yang lewat tertarik untuk mencoba menu tersebut.