Abstract:
Instagram telah menjadi sebuah aplikasi media sosial yang digunakan oleh
89,15 juta pengguna di Indonesia. Hal tersebut yang membuat banyak
perusahaan menggunakan Instagram sebagai tempat beriklan, tempat usaha,
dan tempat promosi dari usaha yang dijalankan. Instagram sendiri memiliki
dampak yang sangat besar terhadap para perusahaan yang menggunakan
aplikasi tersebut sebagai tempat pemasaran mereka. Salah satunya adalah
Casco Motoworld yang menggunakan Instagram sebagai tempat pemasaran
utama. Casco Motoworld memiliki masalah dimana Tingkat niat beli dari
followers mereka di Instagram termasuk kecil.
Penulis melakukan penelitian terkait fenomena yang ada di Casco
Motoworld mengenai social media marketing dan niat beli. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui social media marketing (Online
Communities, Interaction, Sharing of Content, Accesibility, dan Credibility)
dan Niat Beli (Niat Transaksional, Niat Referensial, Niat Preferensial, dan
Niat Eksploratif). Penelitian ini merupakan applied research, dilakukan
dengan metode explanatory dan bersifat kuantitatif dengan pengolahan data
menggunakan analisis regresi linear berganda pada program SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Tingkat dari social
media marketing dan niat beli pada Casco Motoworld sudah berada pada
kategori baik. Hasil dari uji deskriptif menunjukkan bahwa kelima dimensi
dari social media marketing memiliki pengaruh positif terhadap niat beli pada
Casco Motoworld. Dari 5 dimensi social media marketing, terdapat hanya 2
dari 5 dimensi yang memiliki pengaruh positif signifikan yaitu dimensi
Interaction dan Credibility.