Abstract:
Pertumbuhan pesat dalam penggunaan smartphone telah memberikan dampak besar pada konsumen dalam berbelanja online. Aktivitas belanja online sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat dalam melakukan pembelian suatu produk maupun jasa. Salah satu media yang digunakan masyarakat untuk melakukan belanja online adalah aplikasi marketplace karena dianggap dapat lebih memberikan kemudahan kepada pengguna dibandingkan dengan website. Dalam penelitian ini difokuskan pada analisis user experience yang terdiri dari utility, usability, aesthetics, identification, dan value pada website Eyelovin yang meruapakan website lensa kontak terkemuka di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh user experience terhadap kepuasan konsumen, dengan harapan memberikan masukan konstruktif bagi Eyelovin untuk meningkatkan kualitas user experience dan memberikan kepuasan yang lebih baik kepada konsumennya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan eksplanatif sehingga penulis menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang disebarkan sesuai kriteria yang telah ditentukan dengan jumlah sebesar 132 responden. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode Analisis Regresi Berganda dan data seluruh data telah diuji menggunakan pengujian statistik. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dilakukan dalam penelitian ini, ditemukan bahwa hanya variabel usability dan aesthetics yang memiliki berpengaruh positif. Namun, secara keseluruhan user experience berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebesar 49.4%