Abstract:
Pendahuluan - Industri kuliner merupakan sektor bisnis yang sedang berkembang pesat, menjadikannya sebagai pilihan bisnis yang populer di Indonesia. Salah satu dari banyaknya jenis industri kuliner adalah terdapat restoran sunda di Kota Tasikmalaya yaitu Saung Genah Calik. Restoran ini menghadapi persaingan yang semakin ketat, sehingga dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap peningkatan akan kepuasan konsumen. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi yang telah dilakukan penulis dan terjadinya penurunan pendapatan Saung Genah Calik selama lima tahun terakhir serta hasil preliminary research yang menunjukkan sebagian besar responden tidak berminat melakukan pembelian ulang. Niat beli ulang konsumen yang rendah disebabkan karena konsumen tidak puas terhadap kualitas produk dan harga yang dianggap tidak sesuai. Tujuan - Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan konsumen atas kualitas produk dan harga, serta bagaimana niat beli ulang di Saung Genah Calik. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari kepuasan konsumen atas kualitas produk dan harga terhadap niat beli ulang secara parsial dan simultan. Metode Penelitian - Penelitian ini menggunakan metode deskriptif yang bersifat explanatory research dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan konsumen atas Kualitas Produk (X1) dan Harga (X2) terhadap Niat Beli Ulang (Y), serta menjelaskan gejala dan masalah yang dialami Saung Genah Calik. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih melalui teknik purposive sampling dengan kriteria mengatahui dan pernah mengunjungi Saung Genah Calik. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penggunaan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis linear berganda menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 29.0.0. Hasil - Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan bahwa konsumen Saung Genah Calik cenderung cukup tidak puas dengan kualitas produk dan harga di Saung Genah Calik, serta memiliki niat beli ulang yang cukup rendah. Hasil uji regresi linear berganda menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel Niat Beli Ulang dengan variabel Kepuasan Konsumen atas Kualitas Produk dan Harga baik itu secara parsial maupun simultan. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa Kepuasan Konsumen atas Kualitas Produk dan Harga memberikan kontribusi sebesar 79,8% terhadap Niat Beli Ulang. Kemudian, dari persamaan regresi linear berganda didapatkan Kepuasan Konsumen atas Kualitas Produk sebesar 0,292 dan Harga sebesar 0,210 secara signifikan berpengaruh terhadap Niat Beli Ulang Konsumen Saung Genah Calik.