Analisis pengaruh persepsi konsumen atas E-Service Quality, Promotion, dan Perceived Ease Of Use terhadap niat beli ulang melalui platform Lazada

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Vianney, Theresia
dc.date.accessioned 2024-10-03T04:30:55Z
dc.date.available 2024-10-03T04:30:55Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.other skp46186
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18889
dc.description 25254 - FE en_US
dc.description.abstract Pendahuluan - Lazada merupakan sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara asal Singapura yang didirikan pada 2012. Namun, sejak tahun 2018 hingga sekarang, Lazada mengalami penurunan baik dari segi pengunjung maupun nilai bruto yang diperoleh dari tahun ke tahun. Penulis juga melakukan preliminary research dengan mewawancarai 25 orang dimana sebesar 64% atau 16 responden menjawab ragu-ragu membeli ulang di Lazada, lalu sebesar 24% atau 6 responden menjawab tidak memiliki niat beli ulang. Alasan utamanya adalah karena pelayanan Lazada masih kurang memuaskan, sistem Lazada masih sulit digunakan, dan promosi Lazada masih cukup minim. Maka dari itu penulis menilai terdapat masalah dari segi e-service quality, promotion, dan perceived ease of use Lazada yang mengakibatkan niat beli ulang di Lazada rendah dibandingkan dua pesaing utamanya yaitu Tokopedia dan Shopee. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini akan membandingkan antara Lazada dengan Tokopedia dan Shopee. Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi konsumen atas e-service quality (X1), promotion (X2), dan perceived ease of use (X3) Lazada dengan Tokopedia dan Shopee. Metode Penelitian - Penelitian ini merupakan explanatory research untuk menguji hubungan antara variabel bebas dan terikat yang telah melalui uji hipotesis. Penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 200 responden yang pernah melakukan kegiatan belanja secara online di Lazada, Tokopedia, dan Shopee. Pengumpulan data dilaukan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisa deskriptif, uji asumsi klasik, dan analisa regresi linear berganda. Hasil - Penulis menggunakan alat bantu yaitu IBM SPSS 27 dan memperoleh hasil bahwa promotion (X2) dan perceived ease of use (X3) berpengaruh secara simultan terhadap niat beli ulang (Y) Lazada, sedangkan variabel e-service quality (X1) tidak berpengaruh. Kemudian dari hasil koefisien determinasi Lazada mendapatkan kontribusi variabel promotion (X2) dan perceived ease of use (X3) adalah sebesar 53.6%. Dari persamaan regresi linear berganda Lazada variabel Niat Beli Ulang (Y) dapat dijelaskan oleh variabel promotion ( 2) sebesar 0.436 dan perceived ease of use ( 3) sebesar 0.378. E-service quality, promotion, perceived ease of use, dan niat beli ulang Tokopedia maupun Shopee cenderung lebih baik dibandingkan dengan Lazada. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject LAZADA en_US
dc.subject E-SERVICE QUALITY en_US
dc.subject PROMOTION en_US
dc.subject PERCEIVED EASE OF USE en_US
dc.subject NIAT BELI ULANG en_US
dc.subject ANALISIS REGRESI LINEAR BERGANDA en_US
dc.title Analisis pengaruh persepsi konsumen atas E-Service Quality, Promotion, dan Perceived Ease Of Use terhadap niat beli ulang melalui platform Lazada en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6032001050
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account