Evaluasi arsitektur sensorik terhadap perkembangan anak-anak penyandang autisme di Sekolah Alam PKBM Alfa Omega di Tangerang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Fauzy, Bachtiar
dc.contributor.author Graciella
dc.date.accessioned 2024-10-02T02:17:40Z
dc.date.available 2024-10-02T02:17:40Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp46109
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18848
dc.description 7137 - FTA en_US
dc.description.abstract Autisme menjadi sebuah isu masalah kesehatan yang memprihatinkan di seluruh dunia. Angka kenaikan jumlah autisme terus meningkat di Indonesia. Autisme adalah sebuah gangguan perkembangan yang kompleks pada anak dengan gejala utamanya adalah kesulitan dalam komunikasi dan fokus. Sesuai dengan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas berisi tentang kesetaraan hak untuk mendapat pendidikan bermutu dalam segala jenis, jalur, dan jenjang pendidikan. Arsitektur sebagai salah satu cara berkomunikasi lewat gubahan memiliki peran penting dalam pendidikan bagi kaum penyandang autisme. Pendidikan menjadi salah satu solusi untuk perkembangan anak-anak penyandang autisme. Namun dewasa ini arsitektur sekolah kurang memperhatikan dalam aspek arsitektur sensorik yang sangat penting bagi perkembangan anak. Untuk menelusuri kesesuaian antara arsitektur dengan fungsi sekolah sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak penyandang autisme, maka penelitian akan mengobservasi aspek-aspek arsitektur sensorik di sekolah. Indikator kesesuaian akan berdasarkan pada teori Indeks Autisme ASPECTSS™. Terdapat 7 aspek perancangan yang akan dievaluasi, yaitu aspek akustik, aspek rangkaian spasial, ruang escape space, elemen pembatas fungsi, zona transisi, zona sensori, dan keselamatan. Analisis dilakukan dengan menggunakan metode penelitian observasi dan deskripsi secara analitis. Parameter analisis mengacu kepada 7 poin pada indeks autisme ASPECTSS™ yang ada pada arsitektur sekolah Alam PKBM Alfa Omega. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Sekolah Alam PKBM Alfa Omega sudah cukup baik dalam memenuhi standar-standar perancangan spasial untuk anak-anak penyandang autisme. Namun dalam aspek keamanan dan keselamatan masih kurang memenuhi. Penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran arsitektur pendidikan mengenai pentingnya aspek-aspek sensorik dalam bangunan dan ruangan. Aplikasi teori arsitektur sensorik akan memberikan perbedaan perkembangan bagi anak-anak penyandang autisme. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject EVALUASI en_US
dc.subject ARSITEKTUR en_US
dc.subject AUTISME en_US
dc.subject SEKOLAH en_US
dc.subject SENSORIK en_US
dc.subject PERKEMBANGAN en_US
dc.subject STIMULASI en_US
dc.title Evaluasi arsitektur sensorik terhadap perkembangan anak-anak penyandang autisme di Sekolah Alam PKBM Alfa Omega di Tangerang en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6111901130
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425096001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account