Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencahayaan alami dan efisiensi
energi di ruang kelas dan perpustakaan di SMPK BPK Penabur Holis Indah dengan
mengurangi penggunaan pencahayaan buatan dan menghindari panas berlebih. Penelitian
ini memfokuskan pada modifikasi elemen bukaan, yaitu dengan usul penggunaan bidang
pantul berupa light shelf yang berperan untuk meratakan pencahayaan dan sebagai sun
shading.
Keseluruhan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan simulasi LightStanza
untuk menganalisis kualitas dan kuantitas pencahayaan alami di ruang kelas dan
perpustakaan. Dengan mengadopsi modifikasi elemen bukaan, seperti light shelf dan
peningkatan WWR, penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi
energi melalui penggunaan pencahayaan alami yang optimal. Selain itu, penting juga
untuk mempertimbangkan potensi masalah kualitas pencahayaan dari silau (glare) yang
mungkin terjadi dalam desain dan implementasi modifikasi tersebut
Dua alternatif usulan light shelf telah diuji pada bidang eksterior dan interior.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua usulan tersebut memiliki efektivitas yang
serupa dalam meningkatkan kualitas pencahayaan dengan mengatasi masalah glare yang
sering terjadi. Selain itu, terdapat satu sisi ruang kelas dengan masalah terkait intensitas
pencahayaan alami yang diakibatkan oleh bukaan yang terbatas pada satu sisi ruang serta
bidang bukaan yang terhalang ruang sirkulasi. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan
peningkatan Window-to-Wall Ratio (WWR) dengan memperbesar dimensi bukaan.
Meskipun peningkatan tersebut berhasil meningkatkan pencahayaan alami, namun
ditemukan potensi glare yang lebih tinggi bila dilihat berdasarkan nilai Daylight Glare
Probability (DGP)..