Abstract:
Industri makanan dan minuman merupakan salah satu industri yang mengalami
pertumbuhan positif ditengah masa pandemi covid-19. Hal tersebut sesuai pernyataan
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) pada tahun 2021 industri
makanan dan minuman tetap mengalami peningkatan sebesar 3,49%, di tengah kondisi
pandemi covid-19 yang melanda dunia termasuk Indonesia. Restoran X merupakan salah
satu perusahaan yang bergerak dalam industri makanan dan minuman sejak tahun 2021.
Dalam upaya untuk memenuhi permintaan konsumen, Restoran X mengalami beberapa
masalah terkait elemen bauran pemasaran yang terdiri dari product, promotion dan people yang tidak sesuai dengan persepsi konsumen menyebabkan penurunan penjualan hingga rendahnya niat beli ulang dari konsumen. Menurut Hartono et al., (2012), perusahaan dapat menarik perhatian konsumen dengan memperhatikan variabel bauran pemasaran yang membantu meningkatkan volume penjualan perusahaan. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk memperbaiki elemen bauran pemasaran pada restoran X.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen dari setiap variabel product, promotion dan people terhadap niat beli ulang di restoran X. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang pernah menunjungi restoran X selama 6 bulan terakhir. Model pengujian pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Analisis Regresi Linear Berganda yang telah melewati berbagai Uji Statistik. Hasil analisis terhadap persepsi konsumen menunjukkan bahwa variabel product, promotion dan people berpengaruh secara signifikan terhadap niat beli ulang di restoran X. Kontribusi tiga variabel bauran pemasaran tersebut terhadap niat beli ulang adalah sebesar 66,7% Secara parsial, variabel product dan promotion berpengaruh signifikan sedangkan variabel people tidak berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang di restoran X.