Abstract:
Semenjak pandemi menyerang, kebersihan menjadi faktor penting dalam melakukan kegiatan sehingga lebih sering melaksanakan kegiatan sehari-hari berbasis online, termasuk memesan makanan untuk kebutuhan harian. Sektor pesan antar makanan online di Indonesia menjadi semakin digemari oleh masyarakat Indonesia semenjak pandemi. Terdapat berbagai macam layanan pesan antar makanan online, yang terbesar Go Food dan Grab Food dan yang
terbaru adalah Shopee Food. Tentunya dalam menggunakan layanan-layanan yang tersedia terdapat pertimbangan tersendiri berdasarkan keinginan dan preferensinya masing-masing. Namun pada kenyataannya tidak demikian, karakteristik tersebut dapat
digambarkan sesuai dengan pilihan layanannya. Meski demikian perusahaan penyedia layanan mungkin belum menyadari hal tersebut. Maka dari itu, peneliti akan meneliti bagaimana karakteristik preferensi pengguna di setiap layanan yang digunakan. Penelitian akan dibagi berdasarkan kelompok jenis kelamin dan layanan yang digunakan. Metode yang peneliti gunakan pada penelitian adalah exploratory research dan bersifat applied research karena diharapkan penelitian dapat menjadi solusi atas permasalah yang dihadapi oleh perusahaan. Pengumpulan data akan dilakukan menggunakan wawancara mendalam dengan responden-responden terpilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat persamaan pendapat antara pengguna yang kemudian dapat dijadikan sebagai karakteristik pada setiap layanan. Penelitian menemukan bahwa karakteristik preferensi pada pengguna layanan Go Food memiliki preferensi terhadap alat pembayaran Gopay, keberagaman merchant, dan ketersediaan fitur chat dengan resto. Kemudian pengguna Grab Food memiliki karakteristik preferensi terhadap konsistensi pengantaran pesanan, kelengkapan serta keberagaman merchant, alat pembayaran OVO, dan faktor harga yang terdiri dari promo dan syarat pemenuhan promo. Lalu untuk pengguna Shopee Food memiliki karakteristik preferensi terhadap ketersediaan promo berupa potongan harga serta gratis ongkir dan alat pembayaran yang sudah menganut dompet elektronik. Dan untuk pengguna yang menggunakan 2 atau lebih layanan memiliki karakteristik preferensi yang berfokus pada faktor harga dan ketersediaan serta kelengkapan merchant dari layanan.