Abstract:
Perkembangan teknologi secara pesat serta tingginya aktivitas penggunaan sosial media saat ini dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis terutama dalam pemasaran. Pemasaran digital salah satunya dengan menggunakan influencer marketing melalui sosial media. Bakso AK merupakan salah satu bisnis dibidang kuliner yang melakukan strategi pemasaran dengan influencer marketing, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjangkau target market yang lebih banyak dari berbagai kalangan dan daerah. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruh dari influencer marketing terhadap keputusan pembelian pada Bakso AK. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen Bakso AK. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 131 responden berdasarkan konsumen yang pernah membeli dan mengkonsumsi produk pada bakso AK, dan pernah melihat influencer marketing pada Bakso AK. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis linear berganda. Didapatkan kesimpulan Influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Bakso AK sebesar 63% dan seluruh dimensi dari influencer marketing yaitu thrustworthiness,expertise, attractivess, respect, dan similarity berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian Bakso AK.