Pengaruh brand awareness terhadap niat pakai E-Wallet Linkaja

Show simple item record

dc.contributor.advisor Anggawidjaja, Agus Hasan Pura
dc.contributor.author Wijaya, Theodorus Henry
dc.date.accessioned 2024-08-15T05:29:24Z
dc.date.available 2024-08-15T05:29:24Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp45144
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/18288
dc.description 25155 - FE en_US
dc.description.abstract Perkembangan e-wallet di dunia semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini mengakibatkan munculnya peluang bagi perusahaan dengan produk e-wallet di Indonesia. Peluang tersebut dapat dimanfaatkan oleh brand e-wallet seperti LinkAja. Dalam berbagai riset yang telah dilakukan dari tahun 2020-2022: pengguna LinkAja selalu kalah dibandingkan dengan kompetitor seperti OVO, Gopay, ShopeePay dan Dana yang saling berebut untuk menjadi e-wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia. Padahal tahun berdiri antara Gopay, OVO, ShopeePay, Dana dan LinkAja berada di tahun yang berdekatan dari tahun 2016-2019. Bahkan cikal bakal LinkAja telah hadir pada tahun 2007 dengan brand Tcash sebelum berubah menjadi LinkAja. Berdasarkan hasil preliminary research yang telah dilakukan kepada 40 responden, terdapat 33 pengguna e-wallet yang tidak pernah menggunakan LinkAja, sementara hanya terdapat 3 responden yang masih menggunakan LinkAja serta terdapat 4 responden yang sudah tidak menggunakan LinkAja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk melihat pengaruh antara Variabel X yaitu Brand Awareness terhadap variabel Y yaitu Niat Pakai. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 112 responden yang merupakan pengguna e-wallet dari umur 18 tahun ke atas dan tidak pernah menggunakan LinkAja. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif dan regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara Brand Awareness terhadap Niat Pakai. Analisa deskriptif menunjukkan bahwa Brand Awareness termasuk dalam kategori tidak kenal dengan nilai rata-rata hitung sebesar 1,87. Analisa deskriptif Niat Pakai juga menunjukkan hal serupa dengan nilai rata-rata hitung sebesar 2,41 atau dikategorikan tidak berniat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat beberapa saran yang ingin penulis berikan kepada LinkAja yaitu agar membuat jingle yang mudah diingat, melakukan kerja sama dengan influencer dalam pemasangan reklame, menjadi sponsor event olahraga dan musik, serta menjalankan iklan digital dengan Meta Ads, Google Display Network dan Youtube Ads. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject E-WALLET en_US
dc.subject BRAND AWARENESS en_US
dc.subject NIAT PAKAI en_US
dc.title Pengaruh brand awareness terhadap niat pakai E-Wallet Linkaja en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031901073
dc.identifier.nidn/nidk NIDK8899433420
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account