Abstract:
Jakarta memiliki lebih dari 3.000 kedai kopi yang tersebar di berbagai wilayah, menurut data Perindustrian tahun 2016. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah sensory appeal, lifestyle dan health motive berpengaruh terhadap attitude, search, action, share bagi konsumen kopi di Kota Jakarta. Jenis Penelitian ini digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey terhadap 180 orang dengan jenis penelitian explanatory .Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Form kepada 180 responden. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian menunjukan bahwa 1) Sensory Appeal berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude dan action bagi konsumen kopi di Twin House dan Seven Speed Coffe Jakarta Selatan berdasarkan hasil hipotesis < 0.05. 2) Lifestyle berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude bagi konsumen kopi di Twin House dan Seven Speed Coffe Jakarta Selatan dikarenakan hasil hipotesis < 0.05. 3) Health motive berpengaruh positif dan signifikan terhadap attitude bagi konsumen kopi di Twin House dan Seven Speed Coffe Jakarta Selatan dikarenakan hasil hipotesis > 0.05, 4) Attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap search dan action bagi konsumen kopi di Twin House dan Seven Speed Coffe Jakarta Selatan dikarenakan hasil hipotesis < 0.05, yang menunjukan bahwa semakin naik attitude maka akan meningkatkan search dan action. 5) Search berpengaruh positif dan signifikan terhadap action bagi konsumen kopi di Twin House dan Seven Speed Coffe Jakarta Selatan dikarenakan hasill hipotesis < 0.05. 6) Action berpengaruh positif dan signifikan terhadap share bagi konsumen kopi di Twin House dan Seven Speed Coffe Jakarta Selatan dikarenakan hasil hipotesis < 0.05. Berdasarkan hasil temuan dalam penelitian ini, berikut implikasi konkret yaitu Pertama, Kedai kopi di Twin House dan Seven Speed Coffe Jakarta Selatan perlu memfokuskan upaya pemasaran pada peningkatan Sensory Appeal, Lifestyle, dan Health Motive dalam komunikasi merek kopi mereka dan dapat memenuhi gaya hidup dan kebutuhan ksehatan pelanggan. Kedua, mengarahkan upaya pengembangan produk ke inovasi rasa kopi. Ketiga, memberikan pengalaman di kedai Twin House dan Seven Speed Coffe yang mendukung Sensory Appeal, Lifestyle, dan Health Motive seperti suasana yang nyaman dan juga dapat mendorong pelanggan untuk berbagi pengalaman mereka melalui media sosial dengan menyediakan ruang khusus untuk berbagi pengalaman.