Abstract:
Kopi kini telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat yang kemudian
mendorong pertambahan jumlah kedai kopi khususnya di Indonesia dari tahun ke
tahun. Berbagai jenis sajian kopi yang semakin bervariasi, turut memicu minat para
masyarakat untuk mencoba kopi yang disesuaikan dengan selera masing-masing
atau dapat dikenal dengan sebutan customize order. Salah satu coffee shop yang
turut andil dalam membuat tren tersebut adalah Starbucks yang dikenal dengan
sebutan Starbucks Coffeemezation. Tantangan yang dihadapi oleh Starbucks dalam
produk Coffeemezation adalah sering kali dianggap terlalu mahal oleh masyarakat,
upaya dalam memenuhi keinginan akan selera minuman yang berbeda-beda, dan
menuntut para karyawan agar terlatih membuat sesuatu yang tetap enak. Nilai
produk yang ditawarkan digambarkan sebagai persepsi pelanggan terhadap produk
yang akan dibeli (harapan). Nilai pelanggan digambarkan sebagai evaluasi
pelanggan terhadap suatu produk (kenyataan/kinerja produk). Tujuan dalam
penelitian ini adalah membandingkan nilai produk yang ditawarkan dengan nilai
pelanggan untuk memperoleh hasil apakah konsumen telah puas atau tidak puas
terhadap produk Starbucks Coffeemezation.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif eksplanatori dengan
metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara
membagikan kuesioner kepada 119 responden dan kemudian data tersebut diolah
menggunakan Paired Two Sample for Means.
Hasil pengolahan data yang didapatkan dari penelitian ini secara langsung
menggambarkan perbandingan dari nilai produk yang ditawarkan Starbucks
Coffeemezation oleh Starbucks dengan nilai pelanggan. Hasil memperlihatkan,
bahwa para pelanggan sudah merasa puas/sangat puas terhadap produk Starbucks
Coffeemezation pada setiap dimensi (Desain Produk, Kualitas Produk, Pelayanan,
Citra, Harga, dan Biaya Waktu, Fisik, dan Psikis).