Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari harga, kualitas produk, dan
citra merek terhadap word of mouth konsumen e-commerce di Kota Bandung. Jenis
penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif kausalitas. Pemilihan populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen e-commerce yang berdomisili Kota Bandung.
Metode sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan kriteria
konsumen pengguna e-commerce yang berdomisili di Kota Bandung menggunakan
kuesioner melalui bantuan media sosial dengan jumlah 119 orang responden. Hasil
dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga tidak berpengaruh secara
signifikan terhadap word of mouth, variabel kualitas produk tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap word of mouth, sedangkan variabel citra merek
berpengaruh secara signifikan terhadap word of mouth. Penelitian ini memberikan
implikasi kepada pihak e-commerce untuk mempertahankan citra merek dengan
melakukan kampanye dan berkolaborasi dengan artis sehingga konsumen dapat
melakukan komunikasi word of mouth terkait e-commerce yang digunakan. Selain
itu, citra merek juga memiliki pengaruh pada word of mouth dikarenakan apabila
konsumen sudah mengenal merek tersebut, dan memiliki rasa kepercayaan, maka
konsumen akan semakin yakin untuk merekomendasikan kepada orang lain melalui
word of mouth.