Abstract:
Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami perkembangan di setiap
tahunnya sehingga brand kecantikan lokal turut bertambah seiring dengan
berjalannya waktu, termasuk dalam indsutri parfum. Kondisi tersebut juga sejalan
dengan berkembangnya teknologi yang dapat dimanfaatkan sebuah brand guna
menjadi sarana pemasaran dari produk yang ditawarkan kepada pasar dengan
jangkauan yang lebih luas. Namun, dalam penggunaannya, sebuah brand dituntut
untuk memiliki ciri khas dan cara yang autentik sehingga mampu direkognisi oleh
pasar.
Dengan adanya kondisi tersebut, Ataraksia sebagai brand lokal yang
bergerak dalam industri parfum, menggunakan strategi Storytelling Marketing
melalui cerita-cerita sejarah guna mempromosikan brand Ataraksia itu sendiri,
serta produk parfum yang ditawarkan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
guna mengidentifikasi pengaruh yang diberikan dari strategi Storytelling
Marketing terhadap Brand Awareness dari produk parfum lokal Ataraksia. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori
(kausal) yang dilakukan dengan menggunakan metode survei secara online.
Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan Non-probability Sampling
dengan jumlah 120 responden. Pada teknik pengumpulan data, penelitian ini
menggunakan kuesioner yang telah lolos uji validitas dan realiabilitas. Sedangkan,
teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif
dan signifikan dari strategi Storytelling Marketing terhadap Brand Awareness
produk parfum lokal Ataraksia sebesar 90% dan 10% oleh faktor-faktor lainnya di
luar dari apa yang dibahas pada penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini,
Ataraksia diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas cerita
yang disajikan dan upaya penyampaiannya guna meningkatkan brand awareness
Ataraksia di tengah industri parfum di Indonesia.