Abstract:
Pendidikan adalah hak bagi anak-anak. Ketika orangtua memutuskan
untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tertentu, berarti mereka harus siap
dengan komitmen jangka panjang untuk mempercayakan seperempat waktu
keseharian anaknya di sekolah. Oleh karena itu orangtua perlu memperoleh
informasi yang cukup mengenai sekolah di mana akan menyekolahkan anaknya
dan tentang anaknya selama bersekolah nanti. Mereka harus yakin bahwa fasilitas
dan proses pendidikan akan berjalan sesuai dengan harapannya.
Penelitian ini mencoba untuk mengetahui pengalaman orangtua yang
anaknya bersekolah di SD Kristen Pasundan Purwakarta dan kepuasannya.
Sebagai sekolah yang baru berdiri, penting bagi sekolah untuk mengetahui kondisi
orangtua yang melakukan kontak dengan institusinya. Pengalaman terbagi
menjadi tiga bagian yaitu tahap pre purchase yaitu sebelum proses pendaftaran,
tahap purchase yaitu pada saat proses pendaftaran hingga anak mulai belajar di
sekolah dan post purchase yaitu saat anak selama bersekolah. Pengumpulan data
dilakukan dengan melakukan survei terhadap 100 orangtua yang anaknya
bersekolah di kelas 2 sampai 5. Sebelum survei dilakukan terlebih dahulu
wawancara dan observasi untuk mengetahui proses dan kondisi sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif antara customer
experience terhadap kepuasan orangtua siswa di SD Kristen Pasundan yaitu
sebesar 73,4%. Pada hasil distribusi frekuensi variabel customer experience pada
ketiga dimensi yaitu pre purchase, purchase dan post purchase terdapat beberapa
hasil nilai rata-rata kecil tetapi secara kategori masih masuk dalam kategori tinggi.
Sehingga kategori tinggi yang didapatkan dari customer experience juga sejalan
pada hasil distribusi frekuensi dari nilai rata-rata item di setiap variabel kepuasan
pelanggan yang masuk kategori tinggi. Dengan demikian, untuk meningkatkan
customer experience maka SD Kristen Pasundan perlu melakukan inovasi dan
evaluasi secara terus menerus supaya kepuasan orangtua siswa juga terus
meningkat.