Abstract:
Perkembangan UMKM yang menjamur di Indonesia tidak dapat dipungkiri
menyumbang 60,51% terhadap PDB nasional. Perubahan tren kuliner yang semakin
beragam membuat Dang Gida Pocha hadir sebagai bisnis kuliner street food yang
menjual makanan khas korea yang digemari oleh gen Z. Dalam menghadapi
persaingan yang semakin ketat di dunia kuliner Dang Gida Pocha terus bersinergi
untuk menciptakan perbaikan strategi dari berbagai aspek. Peningkatan kualitas
produk dan pelayanan bagi konsumen menjadi aspek utama yang terus diupayakan
untuk mendapatkan customer satisfaction.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan dan prospek yang
dimiliki Dang Gida Pocha dalam proses pertumbuhan dan pengembangan bisnis.
Mengetahui tantangan dan prospek akan membantu penulis untuk merumuskan
alternatif strategi pengembangan yang tepat untuk diterapkan pada gerai Dang Gida
Pocha. Alternatif strategi dapat ditentukan oleh penelitian yang dilakukan secara
kualitatif menggunakan metode wawancara dan observasi. Disisi lain didukung
oleh teori-teori manajemen strategi yang relevan seperti Porter’s Five Force,
PESTLE, Resource Based View, dan 4 Fungsi Bisnis.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis pada gerai Dang
Gida Pocha menunjukan bahwa rumusan strategi bisnis Dang Gida Pocha pada
dasarnya sudah baik. Hal yang menjadi catatan yaitu mengenai Implementasi dari
strategi bisnis Dang Gida Pocha perlu dilakukan perbaikan secara keseluruhan.
Perbaikan dilakukan agar bisnis dapat tumbuh dan berkembang sesuai harapan. Hal
ini tentu akan berdampak pada keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu yang
lama.