Abstract:
Tingginya tingkat persaingan dalam industri musik memicu pemasar untuk dapat dengan
bijak menyusun strategi pemasaran yang dapat membuahkan hasil secara efektif dan
efisien. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi konsumen, dalam hal ini BTS
ARMY terhadap parasocial relationship dengan BTS, social media marketing, dan
customer loyalty. Penulis juga melakukan penelitian terhadap pengaruh antar variabel
tersebut. Data yang dikumpulkan untuk penelitian ini berasal dari hasil survei terhadap 100 BTS ARMY pengguna Instagram dan 100 BTS ARMY pengguna Twitter. Pengolahan data
dan uji model penelitian dilakukan melalui penggunaan program SmartPLS dengan metode
SEM-PLS. Penulis juga melakukan observasi langsung pada media sosial yang terkait
untuk memaksimalkan hasil yang diperoleh pada penelitian ini. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pada media sosial Instagram, seluruh pengaruh antar variabel adalah
positif dan signifikan. Sedangkan pada media sosial Twitter, seluruh pengaruh antar
variabel positif namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada variabel social media
marketing terhadap customer loyalty, pengaruh parasocial relationship terhadap customer
loyalty yang dimediasi oleh social media marketing juga tidak berpengaruh signifikan.