Abstract:
Di Indonesia, jasa logistik mengalami perkembangan dengan pesat karena mayoritas
industri menggunakan jasa logistik, baik itu sebagai supplyer bahan baku, distributor
barang ke konsumen, maupun pengiriman barang ke gudang penyimpanan dan pasar. PT
BSA adalah suatu perusahaan yang beroperasi di bidang layanan logistik. Berdasarkan
preliminary research, menunjukkan bahwa perilaku organizational citizenship behavior
(OCB) karyawan cukup rendah, sehingga kepuasan kerja yang dimiliki karyawan PT BSA
tergolong rendah.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana
kepuasan kerja mempengaruhi organizational citizenship behavior (OCB) karyawan di PT
BSA. Penelitian ini dilakukan secara applied research dengan mengimplementasikan
metode penelitian deskriptif dan kausal. Dalam pengumpulan data, penulis melakukan
wawancara, observasi, dan penyebaran kuesioner kepada 61 karyawan PT BSA. Data yang
diperoleh telah diolah dan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan
uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan kepuasan kerja karyawan berada pada taraf
sangat tinggi dan organizational citizenship behavior (OCB) karyawan juga berada pada
taraf sangat tinggi. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa kepuasan kerja juga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB)
dengan varians sebesar 40,9%. Hasil ini diperoleh dengan catatan adanya
ketidaksinambungan antara preliminary research diawal dengan hasil kuesioner, yang
kemungkinan disebabkan dengan adanya potensi faktor-faktor seperti kesibukan responden
dan adanya intervensi dari manajer yang dapat mempengaruhi hasil penelitian.