Abstract:
Pelumas merupakan salah satu bahan yang sangat penting dalam industri. Pelumas digunakan untuk mengurangi gesekan pada permukaan mesin atau peralatan industri sehingga dapat meningkatkan efisiensi, mencegah keausan dan kerusakan pada mesin, serta memperpanjang masa pakai mesin atau peralatan. Dan salah satu distributor oli pelumas di daerah provinsi Bengkulu adalah PT Integra Mediagraha. PT. Integra Mediagraha merupakan sebuah perusahaan distributor oli pelumas yang didirikan pada tahun 1993, mereka merupakan sebuah cabang provinsi Bengkulu dari PT. Pertamina Lubricants, bagian dari perusahaan Pertamina yang menspesialisasikan dalam penjualan oli pelumas. Pada tahun 2022 jumlah pelanggan yang aktif menggunakan jasa Integra relatif stabil dan tidak mengalami penurunan signifikan. Dan dari hasil preliminary research yang menargetkan pelanggan aktif Integra, mengatakan bahwa alasan utama mereka memesan yaitu akibat kualitas pelayanan yang tinggi. Maka dalam penelitian ini penulis ingin mengungkapkan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Integra Mediagraha. Penulis menggunakan metode analisis regresi sederhana dan pengolahan data kuantitatif. Proses pengumpulan data akan menggunakan platform dari google form dengan jumlah responden sebanyak 86 responden yang pernah dan sedang menggunakan jasa Integra Mediagraha dengan rentang penggunaan jasa dari 3 bulan sampai lebih dari 2 tahun. Dalam proses pengolahan data yang telah dikumpulkan penulis akan menggunakan program IBM SPSS untuk mempermudah pemrosesan data. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan, variabel independen yaitu kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif terhadap variabel dependen yaitu loyalitas, secara keseluruhan variabel kualitas pelayanan terhadap variabel independen loyalitas memiliki pengaruh sebesar 30,5% dan sisanya 69,5% adalah faktor diluar penelitian ini.