Abstract:
Sepak bola merupakan olahraga yang digemari di seluruh dunia termasuk
di Indonesia. Dalam suatu pertandingan sepakbola, terdapat suporter fanatik yang
mendukung klub kesayangannya. Fanatisme suporter yang tinggi, dapat membuat
suporter ingin memiliki sesuatu yang berhubungan dengan klub kesayangannya,
sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian barang dagangan klub. Di
Indonesia sendiri, terdapat klub Persib yang memiliki pendukung yang disebut
bobotoh yang dikenal memiliki fanatisme yang tinggi. Hal tersebut, dapat dilihat
dari rating televisi yang tinggi setiap Persib bertanding dan jumlah pengikut yang
banyak di instagram. Akan tetapi, fanatisme suporter Persib yang tinggi tersebut
tidak sebanding dengan angka penjualan barang dagangan yang rendah.
Tujuan dari penelitian ini ada untuk mengetahui pengaruh fanatisme
suporter dengan keputusan pembelian barang dagangan Persib menggunakan
analisis deskriptif dan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada target
sampel minimal sebanyak 100 responden yang merupakan pendukung klub
Persib, menonton pertandingan Persib 2-4 kali dalam sebulan, dan pernah
membeli barang dagangan Persib dalam 6 bulan terakhir.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan menunjukkan bahwa
fanatisme suporter Persib berpengaruh terhadap keputusan pembelian barang
dagangan yang dijual oleh klub Persib. Kontribusi variabel fanatisme terhadap
variabel keputusan pembelian sebesar 58% dan 24 % merupakan faktor-faktor
berupa variabel independen lain diluar penelitian ini. Dimensi yang berpengaruh
positif adalah antusiasme, pengabdian, perilaku & keterlibatan inersia, dan
konsumsi untuk kepuasan diri sendiri.