Abstract:
Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, namun terjadi adanya
fenomena rendahnya nasabah bank syariah di Indonesia. Maka penting bagi bank
syariah untuk mampu menarik pasar potensial yang ada, yaitu konsumen muslim
yang perlu menunaikan kewajiban agamanya. Untuk meningkatkan loyalitas
konsumennya Bank BSI perlu untuk memberikan kualitas layanan yang terbaik.
Dengan diberikannya kualitas layanan yang baik kepada konsumen, hal ini akan
meningkatkan adanya loyalitas konsumen kepada suatu perusahaan.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif dan eksplanatif yang
diharapkan dapat memperoleh gambaran dengan akurat, faktual dan sistematis
mengenai situasi yang sedang terjadi dengan pengumpulan data, pengolahan data
dan melakukan analisa secara kuantitatif dan kesimpulan akan ditarik berdasarkan
hasil penelitian kepada responden. Penelitian ini dilakukan dengan penulis
mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100
responden dengan kriteria bertempat tinggal di Indonesia dan pernah atau aktif
menjadi konsumen atau nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI). Penelitian ini
menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan dengan dimensi
empathy, reliability dan responsiveness berpengaruh terhadap loyalitas konsumen
Bank BSI yaitu sebesar 80,7%. Namun, pada penelitian ini dimensi compliance,
tangibles dan assurance tidak berpengaruh yang signifikan terhadap loyalitas
konsumen Bank BSI.