Peran pencahayaan buatan dalam pembentukan orientasi visual pada interior Supermarket Grandlucky MOI Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sutanto, Handoko
dc.contributor.author Janto, Natasha Vania
dc.date.accessioned 2024-07-23T04:14:18Z
dc.date.available 2024-07-23T04:14:18Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44995
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17833
dc.description 6539 - FTA en_US
dc.description.abstract Perilaku konsumtif sudah menjadi gaya hidup di masyarakat perkotaan dengan beragamnya kebutuhan menyebabkan usaha komersial dalam bidang Industri Ritel semakin berkembang dan bertambah banyak jenisnya di Indonesia, khususnya supermarket. Dalam perancangan interior supermarket, pencahayaan merupakan salah satu hal terpenting karena dapat membentuk orientasi visual. Pada area supermarket dengan menjual berbagai macam produk, tidak dapat menemukan jalan dengan mudah untuk menemukan produk yang dicari terutama pertama kali mengunjungi dan belum terbangun peta kognitif toko tersebut. Tata cahaya yang didesain dapat menjadi pedoman untuk mengarahkan konsumen menentukan arah atau tujuan pilihannya sehingga beberlanja menjadi lebih mudah dan nyaman secara visual. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah evaluasi pasca huni dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pemilihan waktu penelitian dilakukan pada malam hari karena Supermarket Grand Lukcy memiliki jam puncak banyak dikunjungi oleh pelanggan. Pengumpulan data dilakukan melalui pengukuran data di lapangan dan observasi melalui kuisioner. Aspek arsitektural untuk mengetahui bagian mana saja yang mendukung atau dibutuhkan dalam membentuk orientasi visual dalam Supermarket. Dengan lampu sorot pada plafon tersebut dapat memberikan kontras lebih pada benda pajang yang disinari. Pada ruang interior Supermarket Grand Lucky dibagi menjadi beberapa zona dengan benda pajang berbeda-beda juga memiliki aksen yang berbeda-beda pula. Pembentukan perbedaan aksen oleh arsitektur dapat didukung juga dengan desain tata pencahayaan buatannya. Tata pencahayaan buatan pada ruang dalam Supermarket Grand Lucky ditunjukkan dengan pengaplikasian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang ingin ditunjukkan atau ditonjolkan. Persepsi visual dibutuhkan pada interior supermarket untuk menentukan suasana seperti apa yang diinginkan untuk menarik pembeli mengunjungi benda pajang yang dijual. Supermarket Grand Lucky memiliki orientasi visual yang sudah cukup cenderung ke arah ideal yang ingin dimunculkan pada supermarket, sehingga pencahayaan buatan dapat membantu menentukan orientasi bagi pengunjung supermarket menemukan produk sesuai dengan kebutuhan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject PERSEPSI VISUAL en_US
dc.subject PENCAHAYAN BUATAN PADA SUPERMARKET en_US
dc.subject ORIENTASI VISUAL en_US
dc.subject PENCAHYAAAN TOKO RETAIL en_US
dc.subject PENCAHAYAAN INTERIOR en_US
dc.subject SUPERMARKET GRAND LUCKY en_US
dc.title Peran pencahayaan buatan dalam pembentukan orientasi visual pada interior Supermarket Grandlucky MOI Jakarta en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6111801052
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account