Persepsi pengguna taman Heulang Bogor ditinjau dari teori sense of place

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dwisusanto, Basuki
dc.contributor.author Mulyana, Nashafa Kanyandini
dc.date.accessioned 2024-07-22T06:36:11Z
dc.date.available 2024-07-22T06:36:11Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44985
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17805
dc.description 6529 - FTA en_US
dc.description.abstract Sejak masa pandemi covid-19 ruang publik diredefinisi menjadi suatu wadah interaksi antar individu maupun komunitas untuk berbagai tujuan dan aktivitas yang mendukung peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat (Winarna, et al 2021).Taman Heulang sebagai salah satu taman kota di Bogor merupakan salah satu taman yang ramai digunakan sejak direvitalisasi. Namun, ketika pandemi covid-19 berlangsung, masyarakat masih berkunjung ke Taman Heulang walaupun sedang ditutup untuk mencegah penularan covid-19. Hal ini menunjukkan adanya daya tarik masyarakat terhadap Taman Heulang hingga terbentuknya sense of place. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa daya tarik masyarakat dalam penggunaan Taman Heulang melalui teori sense of place dan dapat ditarik kesimpulan sense of place seperti apakah yang terjadi di Taman Heulang ini dan elemen persepsi apakah yang paling mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif-kualitatif dengan metode pengumpulan data dari hasil observasi dan wawancara untuk mengetahui persepsi dan aktivitas pengguna. Data dari hasil observasi akan menghasilkan area yang sering digunakan pengguna yang kemudian diperkuat dengan preferensi area yang sering digunakan oleh pengguna melalui wawancara. Selain itu, wawancara juga digunakan untuk mencari persepsi pengguna mengenai taman sekaligus dievaluasi dengan teori sense of place Steele. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah jalur pedestrian, area duduk, jalur jogging, area bermain anak, dan area terbuka hijau merupakan area yang ramai dan sering digunakan pengguna untuk beraktivitas. Area tersebut memberikan sense of place yang tenang dan menyenangkan bagi penggunanya. Hal ini didapatkan karena terdapat beberapa elemen dari faktor persepsi yang mempengaruhi sense of place mendapatkan respon positif dari penggunanya, seperti: (1) Identitas, (2) Kesenangan, (3) Kenyamanan, (4) Keamanan, dan (5) Kepentingan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject TAMAN HEULANG en_US
dc.subject SENSE OF PLACE en_US
dc.subject ELEMEN FAKTOR PERSEPSI en_US
dc.title Persepsi pengguna taman Heulang Bogor ditinjau dari teori sense of place en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6111801080
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0428035801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account