Abstract:
Industri obat herbal di Indonesia juga semakin berkembang. Hal ini terbukti dengan semakin membaiknya branding obat herbal di mata para konsumen, semakin banyak jenis obat herbal sesuai dengan keperluan oleh tubuh, dan semakin tinggi minat masyarakat untuk mengkonsumsi obat herbal karena minimnya efek samping dan dapat diminum kapan saja sesuai dengan anjuran yang telah diberikan. Potensi perkembangan industri obat herbal di Indonesia sangat menjanjikan dari tahun ke tahun.
Marketing Funnel adalah alat yang berguna untuk membantu perusahaan PT. Indo Juara Global untuk dapat memvisualisasikan jalur yang akan diambil oleh pelanggan dari pertama kali mengetahui tentang merek perusahaan hingga berkonversi. Kemudian dapat memahami mereka sebagai pelanggan untuk memberikan wawasan yang berguna tentang mengapa beberapa pelanggan melakukan berkonversi dan dengan beberapa pelanggan yang tidak melakukan berkonversi.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Indo Juara dan bagaimana upaya Indo Juara dalam aspek kesadaran merek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan 3 macam teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, dokumentasi dan triangulasi/gabungan. Teknik triangulasi/gabungan yang digunakan terdiri dari observasi secara tidak langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Secara keseluruhan, konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) sudah tercapai, tetapi Indo Juara tetap memerlukan konten yang lebih beragam, menarik dan tentu saja iklan yang lebih bisa diimprovisasi agar pesan yang disampaikan singkat, padat dan jelas.