Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian konsumen Kozi Coffee Company Bandung. Banyaknya coffee shop yang bermunculan di kota besar salah satunya Kota Bandung. Hal ini menyebabkan terjadinya persaingan ketat dalam usaha food and beverages, salah satu usahanya Kozi Coffee Company. Agar dapat terus bersaing, Kozi Coffee Company Bandung perlu memiliki brand image yang baik sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat kuantitatif. Variabel independen pada penelitian ini adalah Brand Image (X) kemudian variabel dependen pada penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (Y). Sampel dalam penelitian ini terdiri dari individu konsumen yang tinggal di kota Bandung dan memiliki pengetahuan serta pengalaman dalam membeli produk dari Kozi Coffee Company Bandung. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini telah ditentukan berdasarkan perhitungan menggunakan rumus Wibisono, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kuesioner. Adapun teknik analisis data yang diterapkan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, analisis korelasi, koefisien determinasi, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara Brand Image dengan Keputusan Pembelian (R) sebesar 0,701 yang termasuk dalam kategori kuat. Brand Image berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen dengam nilai sig (0,000) < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan signifikan yang kuat antara Brand Image (X) dan Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian diketahui bahwa nilai thitung sebesar 9,733 yang mengartikan bahwa Brand Image (X) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Brand Image Kozi Coffee Company Bandung memberikan kontribusi pengaruh 49,2% terhadap Keputusan Pembelian.