Strategi pengembangan bisnis pada toko Bloom Petshop & Grooming di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hendrawan, Sanerya
dc.contributor.author Arthur, Anggi
dc.date.accessioned 2024-07-06T04:50:00Z
dc.date.available 2024-07-06T04:50:00Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other skp44827
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17412
dc.description 10255 - FISIP en_US
dc.description.abstract Pandemi COVID-19 mengakibatkan Indonesia mengalami perekonomian yang lesu karena niat beli masyarakat yang menurun. Namun peningkatan niat beli dalam industri Pet Care justru kian meningkat. Hal ini dikarenakan adanya perubahan kebiasaan masyarakat untuk memelihara hewan peliharaan. Munculnya peluang tersebut, membuat perusahaan Bloom Petshop & Grooming yang bergerak dalam industri Pet Care, berupaya untuk menangkap peluang dan mengkapitalisasi pasar demi mencapai skala bisnis yang besar. Namun perusahaan belum mencapai potensi kinerja terbaiknya berdasarkan target perusahaan yang belum tercapai. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif dengan pendekatan penelitian Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara yang dilakukan bersama pemilik Bloom. Data yang dikumpulkan terbagi menjadi dua jenis data, data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis Model Bisnis Canvas dan analisis lingkungan eksternal PESTLE dan Porter’s Five Forces yang dibantu dengan analisis SWOT dan disimpulkan dengan Matriks SWOT. Selanjutnya peneliti merancangkan saran strategi pengembangan bisnis perusahaan dengan menggunakan tools Model Bisnis Canvas. Pada penelian ini ditemukan bahwa tren kenaikan permintaan produk Pet Care memang terjadi. Peneliti juga mendapati adanya peluang lain yang ikut membantu tren tersebut meningkat. Peluang ini perlu dimanfaatkan dengan baik agar dapat membantu perusahaan bertumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang berskala besar di industrinya. Perusahaan sudah memiliki berbagai aspek penting dari dalam perusahaan untuk memenangkan pasar dan memanfaatkan peluang. Namun pada analisa yang dilakukan, temukan bahwa perusahaan juga memiliki kelemahan yang mengakibatkan tidak dapat memanfaatkan peluang dengan maksimal. Oleh karena itu perusahaan perlu untuk bertindak cepat demi memanfaatkan peluang tersebut. Oleh karena itu berdasarkan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan demi memanfaatkan peluang dan menghadapi ancaman luar, perusahaan perlu untuk mempraktekkan strategi SWOT Matriks WO (Weaknesses-Opportunities). Strategi ini dilakukan dengan memanfaatkan peluang dengan cara meminimalisir kelemahan perusahaan. Peneliti menyarankan mengimplementasikan strategi tersebut dengan cara memodifikasi Model Bisnis perusahaan. Hal tersebut dilakukan karena perusahaan perlu untuk meminimalisir kelemahan perusahaan demi memanfaatkan peluang. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR
dc.subject ANALISIS SWOT en_US
dc.subject STRATEGI PENGEMBANGAN en_US
dc.subject ANALISIS PESTLE en_US
dc.subject ANALISIS SWOT MATRIKS en_US
dc.subject ANALISIS MODEL BISNIS CANVAS en_US
dc.title Strategi pengembangan bisnis pada toko Bloom Petshop & Grooming di Kota Bandung en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6081901101
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0420095901
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account