Abstract:
Pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia semakin meningkat, terutama
bagi para anak muda khususnya perempuan yang memiliki kebutuhan akan produk
kecantikan perawatan wajah dan tubuh. Pertumbuhan industri kosmetik ini,
didorong juga oleh pemasaran di media sosial. Salah satu platform yang digunakan
untuk memasarkan produk yaitu media sosial. Media sosial menjadi platform yang
banyak digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasa yang
ditawarkan. Pemasaran melalui media sosial dapat lebih memudahkan para pebisnis
untuk menawarkan produk atau jasa dengan jangkauan yang lebih luas.
Salah satu platform media sosial yang paling digemari yaitu Instagram.
Instagram tidak hanya digunakan untuk memposting foto atau video pribadi tetapi
juga dapat digunakan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa. Instagram
memiliki beragam fitur yang dapat digunakan oleh semua pengguna di seluruh
dunia.
Perusahaan yang menggunakan Instagram sebagai platform untuk
mempromosikan produknya yaitu Scarlett. Scarlett merupakan perusahaan yang
bergerak di industri kosmetik. Produk yang diciptakan Scarlett merupakan
perawatan untuk wajah dan tubuh. Dengan memaksimalkan pemasaran media
sosial terutama pada Instagram, keputusan pembelian pun meningkat. Maka dari
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran media sosial
Instagram terhadap keputusan pembelian produk Scarlett Whitening.
Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif deskriptif. Untuk
pengolahan data menggunakan software SPSS. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel Pemasaran Media Sosial Instagram (X) berpengaruh
positif serta signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y).