Abstract:
Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat dan terus menerus berubah
dengan cepat. Dari perkembangan teknologi timbulah persaingan di semua
perusahaan dan bisnis. Salah satu perusahaan yang terkena dampak dalam
persaingan perkembangan teknologi adalah PT Pos Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bersaing pada ecommerce apa yang sudah diterapkan oleh PT Pos Indonesia untuk mempertahankan posisi dalam jasa kurir, untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi strategi bersaing, serta mengetahui perbaikan strategi PT Pos Indonesia agar tetap bertahan dan mengembangkan teknologi di era transformasi digital. Informasi yang didapatkan dari penelitian ini dilakukan menggunakan PESTEL, Five Forces, 5 Fungsi Bisnis dan SWOT. Setelah adanya informasi tersebut penelitian dilanjut menggunakan Matriks SWOT untuk menyimpulkan informasi yang telah didapatkan. Strategi yang dapat digunakan dan dilakukan oleh PT Pos Indonesia adalah Pengembangan Produk. PT Pos Indonesia dapat mengikuti trend saat ini . Kemudian PT Pos Indonesia dapat mengikuti kegiatan pemasaran bersama Brand Ambassador dan membuat video - video yang memperkenalkan produk dan jasa yang ditawarkan. PT Pos Indonesia juga dapat mempelajari algoritma media sosial yang akan digunakan.