Abstract:
TF Beauty Studio merupakan sebuah salon nail art yang terletak di Kota Bandung
yang berdiri sejak tahun 2019. Saat ini jumlah salon nail art di Kota Bandung terus
mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dengan meningkatnya jumlah kompetitor salon
nail art di Kota Bandung menyebabkan tingginya tingkat persaingan. Dengan tingginya
tingkat persaingan, maka menjadi tantangan bagi TF Beauty Studio untuk dapat unggul di antara kompetitor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan pendekatan studi kasus. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data lingkungan internal, lingkungan eksternal menggunakan PESTEL dan Five Forces Model, dan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil perhitungan pada matriks IFE menghasilkan skor sebesar 3.37
dan berdasarkan perhitungan matriks EFE menghasilkan skor sebesar 3.01. Pada IE
Matriks menunjukan TF Beauty Studio berada pada posisi kuadran I yaitu posisi growth
and build. TF Beauty Studio berada pada posisi industri yang persaingannya cukup Ketat. TF Beauty Studio dapat menerapkan strategi intensif yaitu strategi penetrasi pasar, pengembangan produk dan pengembangan pasar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa srategi yang tepat diterapkan TF Beauty Studio adalah strategi penetrasi pasar dengan memperluas pangsa pasar. Hal tersebut dapat diterapkan dengan meningkatkan promosi, dengan lebih giat aktif dalam sosial media seperti Instagram dan Tiktok, memberikan promo potongan harga spesial guna menempatkan posisi unggul dalam persaingan.