Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mengenai pengaruh social
media marketing activities terhadap brand awareness produk Gurls Club pada
Instagram. Social media marketing activities dilihat dari 5 dimensi, yaitu hiburan
(entertainment), interaksi (interaction), trendi (trendiness), iklan (advertisement), dan kustomisasi (customization). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan eksplanatori dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah konsumen yang telah mengikuti akun Instagram Gurls Club. Total responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 135 responden. Teknik pengumpulan datanya adalah kuesioner dalam bentuk digital melalui media Google Form. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji model regresi linear berganda dengan menggunakan software Statistical Program Social Science
(SPSS) versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan dari social media marketing activities terhadap
brand awareness. Dimensi hiburan (entertainment), interaksi (interaction), trendi
(trendiness), iklan (advertisement), dan kustomisasi (customization) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness.