Abstract:
Pisang Keju Sentosa 88 adalah salah satu UMKM di Kota Bandung yang bergerak di
bisnis kuliner. Pisang Keju Sentosa 88 memiliki target pasar di kalangan anak-anak muda terutama yang berusia di bawah 21 tahun. Dengan target pasar demikian, Pisang Keju Sentosa 88 menggunakan strategi yang kreatif dan inovatif agar memperluas pasar di segmen kalangan anak-anak muda untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang sedang diterapkan oleh Pisang Keju Sentosa 88, sehingga Pisang Keju Sentosa 88 mampu bersaing dengan para UMKM lainnya di Kota Bandung. Dalam penerapan strategi marketing yang dipilih
oleh Pisang Keju Sentosa 88 adalah strategi internet marketing dalam menjalankan bisnisnya. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Pisang Keju Sentosa 88 masih menggunakan strategi pemasaran sebelumnya yaitu internet marketing dengan peningkatan menggunakan strategi pemasaran yaitu strategi earned media. Pisang Keju Sentosa 88 perlu melakukan promosi menggunakan digital platform lain serta menyewa influencer seperti food blogger, youtuber untuk meningkatkan branding Pisang Keju Sentosa 88 agar memperluas target pasar yang akan dituju pada kalangan anak-anak muda.