dc.contributor.advisor |
Sembiring, Sentosa |
|
dc.contributor.author |
Wibisono, William Marvin |
|
dc.date.accessioned |
2024-07-03T08:51:17Z |
|
dc.date.available |
2024-07-03T08:51:17Z |
|
dc.date.issued |
2023 |
|
dc.identifier.other |
skp44550 |
|
dc.identifier.uri |
http://hdl.handle.net/123456789/17299 |
|
dc.description |
5147 - FH |
en_US |
dc.description |
Perkembangan zaman di era digital turut mempengaruhi usaha perasuransian.
Produk Asuransi yang Dikaitkan Dengan Investasi atau yang lebih dikenal luas sebagai PAYDI, merupakan produk asuransi yang berbasis investasi yang mulai banyak
ditawarkan dikalangan masyarakat. Kegiatan pemasaran PAYDI dilakukan oleh agen
dari perusahaan asuransi, dalam kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh agen asuransi perlu diperhatikan mengenai penerapan asas itikad baik agar calon nasabah
memperoleh informasi yang sebenar-benarnya. Calon nasabah yang akan membeli
PAYDI akan berhadapan langsung dengan agen asuransi, dalam proses inilah sering
terjadi kesalahan atau kesalahpahaman antara calon nasabah dan juga agen asuransi
sehingga menimbulkan misleading information. Misleading Information yang dialami
oleh nasabah asuransi ini yang terus menimbulkan masalah sehingga Otoritas Jasa
Keuangan mengeluarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor
6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat Di Sektor Jasa
Keuangan. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian yuridis normatif yang
bersifat deskriptif analitis, dengan menganalisis peraturan perundang-undangan yang terkait dengan penerapan asas itikad baik dalam pemasaran PAYDI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan asas itikad baik hanya dibebankan kepada pihak nasabah dan perlindungan hukum bagi nasabah dalam penyelesain sengketa terkait PAYDI dapat dapat dilakukan melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan. |
|
dc.language.iso |
Indonesia |
en_US |
dc.publisher |
Program Studi Hukum Fakultas Hukum - UNPAR |
en_US |
dc.subject |
ASURANSI |
en_US |
dc.subject |
PAYDI |
en_US |
dc.subject |
AGEN ASURANSI |
en_US |
dc.subject |
ASAS ITIKAD BAIK |
en_US |
dc.title |
Perlindungan hukum terhadap nasabah yang mengalami Misleading Information dalam membeli produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Nomor 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan konsumen dan masyarakat di sektor jasa keuangan |
en_US |
dc.type |
Undergraduate Theses |
en_US |
dc.identifier.nim/npm |
NPM2016200195 |
|
dc.identifier.nidn/nidk |
NIDN0403025701 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI605#Ilmu Hukum |
|