Abstract:
Di era digital yang pesat saat ini, kehadiran media sosial sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Dari sekian banyak jenis media sosial yang tersedia, Instagram merupakan salah satu jejaring sosial paling
populer di Indonesia. Besarnya angka pengguna Instagram menjadi peluang bagi para pelaku bisnis termasuk bisnis kosmetik untuk menjalin hubungan dengan konsumen, menyampaikan informasi serta menjangkau calon konsumen secara lebih luas. Dalam melakukan strategi pemasaran di media sosial erat kaitannya dengan strategi content marketing. Semakin baik content marketing yang perusahaan buat untuk konsumen maka customer engagement akan meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tipe konten yang berpengaruh terhadap customer engagement pada lima akun kosmetik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dan berdasarkan tujuan penelitian ini bersifat applied research. Penelitian ini menggunakan data konten yang diunggah oleh lima akun kosmetik di Instagram dari Oktober 2021 hingga Maret 2022 untuk dijadikan objek penelitian. Konten yang dianalisis dalam penelitian ini berjumlah 1.005 konten. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu analisis deskriptif dan depth interview.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tipe konten informational, entertainment dan remuneration dapat meningkatkan customer engagement.