Abstract:
Makanan ringan adalah makanan yang biasanya disajikan ketika diluar waktu makan utama dan disajikan dalam porsi yang kecil. Dari banyaknya merek yang ada di industri makanan salah satunya adalah Chiki Twist yang diluncurkan pada bulan agustus 2021 sebagai
produk baru dari Indofood Fritolay Makmur menggantikan Cheetos. Terhitung hingga penelitian ini dibuat sudah 10 bulan Chiki Twist sudah masuk dalam industri makanan ringan Indonesia. Berdasarkan preliminary research ditemukan bahwa keberadaan Chiki
Twist ini belum banyak diketahui oleh konsumen, konsumen lebih menyukai merek lama, dan konsumen ragu dengan rasa dari produk baru.
Penelitian ini bertujuan untuk memahami rebranding dari merek Chiki
Twist dengan mengidentifikasi dan mengukur persepsi konsumen pada brand awareness, product quality, dan brand image terhadap niat beli makanan ringan Chiki Twist. Serta mengetahui pengaruh antara brand awareness, product quality, dan brand image dengan
niat beli dan mengetahui perbedaan penilaian terhadap brand awareness, product quality, brand image, dan niat beli pada merek Cheetos dan Chiki Twist
Penelitian ini termasuk dalam applied research dengan metode
explanatory research dan deskriptif. Sampel yang digunakan sebanyak 200 dengan menggunakan metode judgment sampling yang disebarkan melalui kuesioner. Dalam penelitian ini, analisis regresi berganda digunakan bersama dengan analisis deskriptif.
Hasil yang ditemui pada merek Chiki Twist yaitu terdapat pengaruh positif pada brand image terhadap niat beli. Sedangkan Cheetos terdapat pengaruh positif antara product quality dan brand image terhadap niat beli. Hasil dari analisis deskriptif
menunjukan bahwa merek Chiki Twist cenderung lebih rendah dibandingkan dengan Cheetos dan Chiki Balls. Selain itu hasil dari uji independent sample t-test pada merek Cheetos dan Chiki Twist menunjukan variabel brand awareness memiliki perbedaan yang
signifikan.