Analisis pengaruh kesadaran merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian layanan internet wifi Rumah Telkomsel Orbit

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasyim, Irsanti
dc.contributor.author Erlangga, Muhammad Reza
dc.date.accessioned 2024-04-18T02:17:54Z
dc.date.available 2024-04-18T02:17:54Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other skp44068
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/17063
dc.description 25126 - FE en_US
dc.description.abstract Berkembangnya jaringan internet fiber optic dan masuknya jaringan internet 5G di Indonesia membuat masyarakat semakin mudah dalam memanfaatkan internet. Namun, jangkauan koneksi internet di Indonesia dinilai masih belum merata. Salah satu merek penyedia layanan internet wifi rumah di Indonesia adalah Telkomsel Orbit. Dari hasil observasi dan preliminary research, ditemukan bahwa sepanjang 2021 Telkomsel Orbit mengalami peningkatan penjualan hingga 10 kali lipat, namun berdasarkan review terkait paket internet Telkomsel Orbit penulis melihat bahwa banyak konsumen yang mengeluh karena harganya yang terlalu mahal. Selain itu, berdasarkan hasil preliminary research bahwa 80% responden tidak mengetahui merek Telkomsel Orbit, serta sebanyak 52% responden menyebutkan harga merupakan pertimbangan utama ketika memutuskan membeli layanan internet wifi rumah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran merek (X1) dan persepsi harga (X2) dari layanan internet wifi rumah Telkomsel Orbit, serta mengetahui pengaruh kesadaran merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian ini adalah applied research dengan memakai metode penelitian explanatory. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan terhadap 121 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pria atau wanita yang merupakan pengguna layanan internet wifi rumah di Indonesia dalam rentang usia 21 60 tahun. Kemudian penulis menggunakan teknik analisis deskriptif statistik dan analisis SEM-PLS sebagai metode analisa dan pengolahan data. Meskipun keputusan pembelian cukup tinggi dan persepsi harga cukup baik, namun kesadaran merek masih rendah. Kemudian dari hasil SEM-PLS, variabel kesadaran merek dan persepsi harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian layanan internet wifi rumah Telkomsel Orbit dengan nilai R-square 33,7%. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject KEPUTUSAN PEMBELIAN en_US
dc.subject KESADARAN MEREK en_US
dc.subject PERSEPSI HARGA en_US
dc.title Analisis pengaruh kesadaran merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian layanan internet wifi Rumah Telkomsel Orbit en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM6031801182
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0423068903
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account