Abstract:
Berkembangnya jaringan internet fiber optic dan masuknya jaringan internet 5G di Indonesia membuat masyarakat semakin mudah dalam memanfaatkan internet. Namun, jangkauan koneksi internet di Indonesia dinilai masih belum merata. Salah satu merek penyedia layanan internet wifi rumah di Indonesia adalah Telkomsel Orbit. Dari hasil observasi dan preliminary research, ditemukan bahwa sepanjang 2021 Telkomsel Orbit mengalami peningkatan penjualan hingga 10 kali lipat, namun berdasarkan review terkait paket internet Telkomsel Orbit penulis melihat bahwa banyak konsumen yang mengeluh karena harganya yang terlalu mahal. Selain itu, berdasarkan hasil preliminary research bahwa 80% responden tidak mengetahui merek Telkomsel Orbit, serta sebanyak 52% responden menyebutkan harga merupakan pertimbangan utama ketika memutuskan membeli layanan internet wifi rumah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesadaran merek (X1) dan persepsi harga (X2) dari layanan internet wifi rumah Telkomsel Orbit, serta mengetahui pengaruh kesadaran merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Y). Jenis penelitian ini adalah applied research dengan memakai metode penelitian explanatory. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan terhadap 121 responden yang ditentukan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria pria atau wanita yang merupakan pengguna layanan internet wifi rumah di Indonesia dalam rentang usia 21 60 tahun. Kemudian penulis menggunakan teknik analisis deskriptif statistik dan analisis SEM-PLS sebagai metode analisa dan pengolahan data.
Meskipun keputusan pembelian cukup tinggi dan persepsi harga cukup baik, namun kesadaran merek masih rendah. Kemudian dari hasil SEM-PLS, variabel kesadaran merek dan persepsi harga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian layanan internet wifi rumah Telkomsel Orbit dengan nilai R-square 33,7%.