Abstract:
Product knowledge merupakan sebuah informasi yang diterima oleh konsumen dan masuk pada ingatan konsumen yang akan membantu sebagai dasar pertimbangan bagi tindakan konsumen selanjutnya, seperti minat beli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara perusahaan dalam memberikan pengetahuan produk terhadap konsumen dan mengetahui seberapa besar pengaruh dari penyampaian product knowledge tersebut terhadap munculnya minat beli pada konsumen. Product knowledge ini terbagi atas 3 dimensi, yaitu subjective knowledge, objective knowledge, dan experience knowledge.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah petani yang berada di Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Pandak, Kelurahan Caturharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan jenis purposive sampling. Dari responden ini dilakukan pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas, serta analisis regresi linear berganda, selain itu untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan menggunakan uji t dan uji F.
Pada penelitian ini menunjukan bahwa seluruh dimensi pada variabel product knowledge, yaitu subjective knowledge, objective knowledge, dan experience knowledge berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat beli. Dari ketiga dimensi ini, objective knowledge menjadi faktor yang paling berpengaruh terhadap minat beli.