Abstract:
Sebagai kota wisata, Bandung menawarkan keindahan alam dan toko-toko yang menjual produk distro. Kota ni juga menawarkan daya tarik wisata dengan kafe-kafe dengan konsep yang unik untuk menarik minat wisatawan untuk menikmati suasananya terutama untuk keperluan fotografi. Dengan demikian, penting untuk memberi perhatian khusus dalam mendisain suasana toko untuk meningkatkan motivasi berbelanja konsumen. Mengacu pada fenomena tersebut, sangat menarik untuk melihat lebih jauh mengenai atmosfer yang ditawarkan One Eighty Coffee Music. Bagaimana sikap konsumen mengenai kafe tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan dan seberapa besar atmosfer toko dapat menarik niat dan memotivasi konsumennya untuk berkunjung dan melakukan pembelian serta memenuhi kebutuhan ekspektasi dari konsumen. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian eksplanatif dengan menggunakan analisis kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian survey, dengan kuesioner sebagai alat ukur data pokok. Data diperoleh dari hasil menyebarkan kuesioner kepada responden yang sudah pemah ke One Eighty Coffee Music. Selain itu juga terdapat wawancara langsung kepada pengelola restaurant untuk mendapatkan informasi internal perusahaan. Pengambilan data responden adalah sebanyak 255 orang dengan populasi yaitu warga yang berada di Kota Bandung, baik yang berdomisili ataupun bukan domisili. Peneliti menyarankan perusahaan membuat acara menarik mengenai aktivitas fotografi yang dapat memanfaatkan keunggulan Store Atmosphere dari One Eighty Coffee Music, sehingga semakin banyak penikmat arsitektural yang dapat mengenal dan mengetahui adanya restaurant bandung dengan sejumlah keunikan spot.